Pakaian Tari Sirih Kuning

By | December 19, 2021

Pakaian Tari Sirih Kuning. Perlengkapan penari sirih kuning adalah sebagai berikut: Musik pengiringnya adalah gambang kromong yang di dalamnya juga ada alat musik tionghoa.

Sinopsis tari Sirih Kuning,Ragam gerak dan Pengertian Tari
Sinopsis tari Sirih Kuning,Ragam gerak dan Pengertian Tari from tarisirihkuning.blogspot.com

Meski namanya ada unsur “kuning” namun busana penari beragam dan cukup kental dengan budaya tionghoa. Tari cokek tari cokek ini disebut sebagai tarian interaktif antara penari dan penonton. Pada awalnya tari sirih kuning ini dilakukan oleh sepasang penari pria dan wanita, namun belakangan tidak ada keharusan bahwa hanya orang dewasa saja yang dapat mementaskan tarian ini.

Sirih Dare Terdiri Dari Empat Belas Lembar Daun Sirih Dengan Posisi Tujuh Lembar Di Sisi Kanan Dan Tujuh Di Kiri.

Selanjutnya adalah kelengkapan properti yang digunakan saat melakukan tari sirih kuning, yaitu: Tari sekapur sirih merupakan salah satu jenis tari selamat datang untuk tamu besar. Kostum tari sirih kuning meskipun nama dari tarian ini mengandung unsur kuning, akan tetapi kostum atau pakaian yang digunakan sangat beragam.

Meski Namanya Ada Unsur “Kuning” Namun Busana Penari Beragam Dan Cukup Kental Dengan Budaya Tionghoa.

Kerudung bunga cadar khas betawi kain berbentuk kerucut ikat pinggang selendang Tari sirih kuning ini selalu diiringi oleh alunan musik dari gambang kromong dan dipentaskan pada hari besar, hajatan,. Tarian ini memiliki keanggunan dan kelembutan dalam gerakannya ang menyatu dalam iringan musik.

Walaupun Menjadi Tarian Daerah Dki Jakarta,.

Musik pengiringnya adalah gambang kromong yang di dalamnya juga ada alat musik tionghoa. Sirih kuning merupakan perkembangan dari tari tradisional betawi, yakni tari cokek yang berasal banten. Ukuran panggung menyesuaikan jumlah penari yang digunakan.

Tari Sirih Kuning Ini Juga Biasa Dipakai Sebagai Pengiring Pengantin Betawi Ketika Masuk Ke Pelaminan Dengan Proses Penyerahan Sirih Dare Dari Mempelai Pria Pada Pengantin Wanita.

Tari sirih kuning tari sirih kuning merupakan salah satu turunan tari cokek. Panggung tarian khas sirih kuning biasanya dipentaskan di atas panggung ataupun lantai. Dinamakan sirih karena pada tarian ini digunakan sirih dare berwarna kuning.

Tari Sirih Kuning Merupakan Pengembangan Dari Tarian Cokek, Yang Merupakan Tarian Pergaulan Di Tanah Betawi Tempo Dulu Dan Banyak Berkembang Khususnya Di Daerah Pinggir (Tangerang Dan Sekitarnya), Arti Kata Cokek Sendiri Berasal Dari Nama Seorang Tuan Tanah Di Kawasan Itu Yang Bernama Lengkap Tan Sio Kek Dengan Mempersembahkan Para.

Terdiri dari empat belas daun sirih, tujuh lembar di kiri dan tujuh lembar di kanan yang semuanya dilipat kerucut terbalik. Tari sirih kuning ditampilkan saat acara pernikahan, saat pengantin pria menyerahkan “sirih dare” kepada pengantinnya. Tari sirih kuning, tarian tradisional betawi jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.