Pakaian Rimpu

By | December 27, 2021

Pakaian Rimpu. Dalam foto terlihat bahwa para perempuan di sana mengenakan kebaya juga selain dua sarung yang jadi penutup kepala dan rok. Pakaian adat rimpu digunakan oleh kaum wanita mbojo yang telah memperhatikan bagaimana kuatnya pengaruh islam terhadap masyarakat.

Pakaian Adat Rimpu ANTARA Foto
Pakaian Adat Rimpu ANTARA Foto from www.antarafoto.com

Parade pakaian adat atau festival rimpu yang diselenggarakan pemkot bima, berhasil memecahkan rekor dunia dengan kategori peserta terbanyak. Rimpu cala adalah pakaian semacam hijab yang terdiri dari dua helai sarung dan kain. Pakaian adat suku bima pada pakaian adat ntb suku bima yang dikenal dengan nama rimpu adalah bukti bahwa pengaruh kebudayaan islam di masyarakat suku bima sangatlah kuat.

Pakaian Adat Mereka Dibuat Dari Bahan Kain Sutera Dan Satin Dengan Karakteristik Lembut.

Rimpu digambarkan dengan memakai sarung yang melingkar pada kepala dimana yang terlihat. Pakaian adat suku ntb suku bima dikenal dengan nama rimpu. Yang masih gadis memakai rimpu mpida, yakni kain sarung menutupi seluruh anggota badan dan hanya mata yang dibiarkan terbuka.

Rimpu Merupakan Rangkaian Pakaian Yang Menggunakan Dua Lembar (Dua Ndo`o) Sarung.

Pakaian adat suku bima pada pakaian adat ntb suku bima yang dikenal dengan nama rimpu adalah bukti bahwa pengaruh kebudayaan islam di masyarakat suku bima sangatlah kuat. Rimpu adalah busana yang menggunakan sarung sebagai bahan pakaiannya. Kota bima menorehkan rekor sebanyak 20.165 orang peserta.

Poro Adalah Baju Polos Tanpa Motif Ataupun Hiasan.

Penghargaan rekor muri langsung diserahkan oleh triyono perwakilan dari museum rekor muri indonesia. Pada tanggal 15 rabiul awal 1050 h atau 5 juli 1640, dimana dengan berdirinya kesultanan bima tersebut merupakan momentum bagi perkembangan islam di bima. Total ada 20.165 peserta yang ikut acara ini.

Dimana Rimpu Merupakan Baju Adat Yang Mempunyai Bentuk Seperti Mukenah, Hal Tersebut Dikarenakan Adanya Pengaruh Dari Agama Islam Pada Pakaian Adat Ini.

Singke, rimpu dalam pengertiannya adalah pakaian yang menutupi aurat atau semua anggota tubuh perempuan dengan menggunakan kain sarung khas (tembe nggoli).9 umumnya, rimpu terbagi menjadi dua macam, yakni rimpu mpida, yang digunakan oleh remaja/gadis yang belum menikah dengan seluruh bagian tubuh tertutup Hal ini tidak terlepas dari upaya pemerintah daerah yang mengenalkan rimpu sebagai pakaian adat bima. Cara menggunakan dengan menggunakan 2 lembar kain sarung untuk menutup tubuh sebagai aurat di ajaran agama islam.

Pertama, Rimpu Cala Adalah Jenis Pakaian Yang Dipakai Khusus Oleh Kaum Ibu Di Daerah Bima Yang Sudah Berkeluarga.

Penghargaan diberikan oleh triyono, perwakilan dari museum rekor indonesia (muri) pada sabtu (12/10) akhir pekan lalu. Pakaian adat rimpu digunakan oleh kaum wanita mbojo yang telah memperhatikan bagaimana kuatnya pengaruh islam terhadap masyarakat. Pakaian rimpu sendiri memiliki dua jenis yaitu rimpu mpida dan juga rimpu colo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.