Pakaian Pengantin Pria Adat Betawi Disebut

By | May 3, 2022

Pakaian Pengantin Pria Adat Betawi Disebut. Untuk para pengantin pria, pakaian adat betawi yang digunakan bernama dandanan care haji. Pada pengantin betawi rias besar ini, salah satu unsur penting yang harus ada dan menjadi ciri khas adalah siangko, yaitu mahkota yang biasa dikenakan oleh pengantin wanita yang dilengkapi dengan cadar, dan disisipkan dua pasang burung hong.

Pakaian Adat Betawi Pernikahan Info GTK
Pakaian Adat Betawi Pernikahan Info GTK from infogtk.org

Busana ini terdiri dari jubah berwarna cerah yang terbuat dari bahan beludru dengan bagian dalam berupa kain berwarna putih yang halus. Nama pakaian adat betawi ini juga disebut dengan. Pada pengantin betawi rias besar ini, salah satu unsur penting yang harus ada dan menjadi ciri khas adalah siangko, yaitu mahkota yang biasa dikenakan oleh pengantin wanita yang dilengkapi dengan cadar, dan disisipkan dua pasang burung hong.

Seperti Yang Sudah Dijabarkan Sebelumnya, Pakaian Adat Betawi Untuk Pengantin Pria Dan Wanita Ini Sama Seperti Yang Lainnya, Yaitu Merupakan Akulturasi Budaya Antara Arab, Tionghoa, Dan Eropa.

Pakaian ini berupa jubah besar berwarna cerah (biasanya merah) dengan pernik benang keemasan, celana panjang putih, selendang yang dikenakan di dalam jas (bagian dada), serta topi khusus yang terbuat dari sorban sebagai penutup kepala. Busana ini terdiri dari jubah berwarna cerah yang terbuat dari bahan beludru dengan bagian dalam berupa kain berwarna putih yang halus. Yaitu budaya melayu, budaya arab dan budaya tionghoa.

Pakaian Ini Disebut Sebagai Bentuk Akulturasi Dari Beberapa Kebudayaan.

Tata rias adat pengantin betawi yang paling banyak dikenal adalah tata rias pengantin betawi rias besar. Menurut pemikiran masyarakat betawi, pakaian yang biasa di gunakan dalam sehari hari untuk pria adalah sadariah atau biasa disebut oleh masyarakat umum dengan sebutan baju koko dan celana komprang, dan biasanya celana yang digunakan adalah ukuran tanggung. Baju ini berbahan polos dengan motif hiasan emas, mote atau manik.

Nama Pakaian Adat Betawi Ini Juga Disebut Dengan.

Yang mana pakaiannya terdiri atas jubah panjang dan penutup kepala berwarna merah. Nama pakaian adat betawi pengantin pria ini sering disebut dengan dandanan care haji. Untuk para pengantin pria, pakaian adat betawi yang digunakan bernama dandanan care haji.

Pakaian Adat Betawi Untuk Pria Dibagi Kedalam Tiga Fungsi Yaitu Pakaian Keseharian, Pakaian Resmi Dan Pakaian Untuk Pengantin.

Busana pengantin pria betawi busana yang dikenakan oleh pengantin pria dalam adat betawi disebut dengan dandanan care haji. Pada upacara pernikahannya, pengantin pria menggunakan jubah panjang dan juga penutup kepala yang biasanya berwarna merah. Pakaian pengantin pria betawi ini.

Baju Ini Dikenakan Oleh Pria Sebagai Atasan.

Tuaki, baju bagian atas (blus) yang dikenal memiliki 2 (dua) model, yaitu model shianghai (cina), dan model baju kurung (melayu). Pakaian ini digunakan oleh calon pengantin perempuan yang terdiri dari: Mereka masih setia melestarikan kebudayaan betawi dalam prosesi pernikahan seseorang dari masyarakatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.