Pakaian Pengantin Betawi

By | January 23, 2022

Pakaian Pengantin Betawi. Masyarakat betawi hingga kini masih memegang teguh nilai kebudayaan di acara pernikahan, jadi pakaian yang dikenakan pun berupa pakaian adat tradisional. Baju adat betawi pria yang biasa digunakan adalah baju kokoh.

Blog Budaya Indonesia 3 Jenis Pakaian Adat Betawi
Blog Budaya Indonesia 3 Jenis Pakaian Adat Betawi from meandyouculture.blogspot.com

Dalam upacara perkawinan, orang betawi yang masih memegang adat budayanya sampai saat ini masih memakai pakaian spesial pengantin adat betawi. Nah, pakaian adat betawi khusus untuk pengantin berbeda dengan deretan pakaian adat di atas. Dalam baju adat betawi, dibagi menjadi 3 macam.

Pada Waktu Upacara Pernikahan Masyarakat Betawi Sampai Sekarang Ini Masih Memegang Teguh Nilai Kebudayaan.

Pada upacara pernikahan, pengantin pria mengenakan jubah panjang dan penutup kepala berwarna merah. Tata rias adat pengantin betawi yang paling banyak dikenal adalah tata rias pengantin betawi rias besar. Pada pengantin betawi rias besar ini, salah satu unsur penting yang harus ada dan menjadi ciri khas adalah siangko, yaitu mahkota yang biasa dikenakan oleh pengantin wanita yang dilengkapi dengan cadar, dan disisipkan dua pasang burung hong.

Pakaian Ini Disebut Sebagai Bentuk Akulturasi Dari Beberapa Kebudayaan.

Pakaian ini diucap ialah wujud akulturasi nyata dari sebagian kebudayaan, ialah budaya arab, budaya tionghoa, serta budaya melayu. Jubah panjang yang digunakan terdiri dari 2 bagian yaitu : Prosesi pernikahan adat adalah suatu hal yang sakral, setiap tahapan dan ritual.

Pakaian Pengantin Pria Betawi Sering Disebut Sebagai “Make Up Perawatan Haji”.

Bahan, model, serta aksesorisnya lebih kompleks, sehingga terlihat mewah. Utusan disertai uang tanda jadi atau seliran. Menurut warisan budaya takbenda indonesia, pakaian pengantin untuk pria disebut juga dengan dandanan.

Untuk Bawahannya, Pengantin Wanita Betawi Dipercantik Dengan Padanan Busana Berupa Rok Melebar Yang Disebut Rok Kun Berhiaskan Sulaman Naga.

Pakaian adat yang digunakan oleh suku betawi tidak hanya untuk keseharian saja, tetapi pada momen pernikahan, mereka juga memiliki baju khusus bernama dandanan care haji. Baju dandanan care haji merupakan pakaian jubah panjang yang dilengkapi dengan penutup kepala berwarna merah. Nah, pakaian adat betawi khusus untuk pengantin berbeda dengan deretan pakaian adat di atas.

Nama Pakaian Adat Betawi Ini Juga Disebut Dengan.

Pakaian ini adalah hasil dari campuran budaya melayu, arab dan tionghoa. Bagian luar, yang terbuat dari kain beludru. Pakaian pengantin untuk pria dan wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.