Pakaian Nona Rok

By | January 27, 2022

Pakaian Nona Rok. Aksesoris tambahan lainnya sama dengan yang dikenakan pada aksesoris tambahan baju cele. Selain baju cele kain salele, ada baju nona rok yang memiliki konde dan biasanya dipakai oleh pendeta, guru atau orang terpelajar, keluarga golongan menengah dan keluarga golongan pemerintahan.

9 Pakaian Adat Maluku Serta Penjelasannya Tambah Pinter
9 Pakaian Adat Maluku Serta Penjelasannya Tambah Pinter from tambahpinter.com

Seperti namanya “rok”, baju ini hanya digunakan oleh seluruh kaum perempuan maluku khususnya suku ambon. Nona rok adalah kebaya berbahan brokat untuk pakaian adat maluku utara serta terdapat motif bunga pada kainnya. Penduduk asli maluku memang dikenal suka mengadakan pesta rakyat dan berdansa.

Baju Nona Rok Berupa Kebaya Putih Panjang Berbahan Brokat Halus Dan Rok Bermotif Kembang Kecil.

Baju ini biasanya digunakan untuk berdansa dengan perempan yang memakai pakaian adat nona rok. Pemakaian dari baju nona rok ini pasti dilengkapi dengan berbagai macam aksesoris yang hampir menyerupai dengan pakaian adat cele, seperti sanggul, tusuk konde, dan ikat pinggang berwarna perak. Biasanya digunakan oleh para perempuan yang menari di sina.

Ini Merupakan Perpaduan Dari Baju Kebaya Putih Maluku Yang Ditambahkan Kain Lenso Dan Hiasan Kepala Yang Memiliki Warna Lebih Mencolok.

Seperti namanya “rok”, baju ini hanya digunakan oleh seluruh kaum perempuan maluku khususnya suku ambon. Pakaian nona rok merupakan pakaian rtradisional yang dikenakan saat pesta adat. Sedangkan untuk aksesoris tambahan sebagai penambah estetika baju nona rok hampir sama dengan baju cele.

Pakaian Adat Baniang Putih Ini Merupakan Pakaian Adat Yang Digunakan Oleh Kaum Pria.

Meski nama pakaiannya kebaya dansa, bentuk bajunya berupa kemeja tak berkancing disertai dengan kerah melingkar. Nona rok adalah kebaya berbahan brokat untuk pakaian adat maluku utara serta terdapat motif bunga pada kainnya. Warna hitam, merah, putih dan corak keemasan menjadi ciri khasnya.

Busana Tersebut Cukup Terkenal, Modelnya Terlihat Hampir Sama Seperti Cele, Namun Tetap Memiliki Perbedaan.

Baju nona rok sumber gambar: Baju ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan baju cele, bedanya pada saat mengenakan pakaian nona rok ini tidak perlu menggunakan kain lenso dan haspel atau sanggul cukup mengikat rambut saja. Pakaian nona rok biasanya dipakai oleh pendeta, guru, atau orang terpelajar,keluarga golongan menengah dan keluarga golongan pemerintahan.

Untuk Aksesorisnya Memakai Sepatu Fantofel, Kaos Kaki Panjang Warna Putih, Ikat Pinggang Dari Bahan Perak, Sedangkan Untuk Rok Modelnya Lipit Kecil Yang Bahannya Bermotif Bunga.

Nona rok ini hanya terdiri atas kebaya putih ditambah dengan aksesoris dan hiasan kepala yang sederhana. Baju nona rok biasa digunakan lengkap dengan aksesoris berupa ikat pinggang perak (peding), sanggul (konde bulan), tusuk konde (haspel), dan berbagai perlengkapan lain seperti yang digunakan pada baju cale. Pakaian nona rok merupakan modifikasi dari baju kimun gia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.