Pakaian Manteren Lamo

By | January 12, 2022

Pakaian Manteren Lamo. Warna merah pada jas melambangkan keperkasaan dan kekuasaan sang sultan. Manteren lamo ini terdiri dari jas yang berwarna merah dengan 9 kancing besar yang terbuat dari perak.

√ 34 Pakaian Adat Provinsi Indonesia beserta Gambarnya
√ 34 Pakaian Adat Provinsi Indonesia beserta Gambarnya from www.yuksinau.id

Baju adat ini akan dikombinasikan dengan celana panjang hitam. Manteren lamo ini terdiri dari jas yang berwarna merah dengan 9 kancing besar yang terbuat dari perak. Ulee balang dari provinsi nanggroe aceh darussalam.

Menurut Sejarahnya, Manteren Lamo Dulu Dipakai Oleh Para Sultan Kerajaan Di Maluku Utara.

Warna merah pada jas melambangkan keperkasaan dan Menurut sejarah, pakaian adat ini konon dipakai oleh para sultan kerjaan di maluku utara. Umumnya, para sultan mengenakan pakaian ini saat perayaan adat.

Dan Ada Jumlah Kancing Yang Mencapai 9 Jumlahnya.

Komponen dari manteren lamo terdiri dari jas berwarna merah dengan disertai kancing besar sejumlah 9 buah dibuat dari perak. Pakaian yang dikenakan oleh sultan disebut manteren lamo yang terdiri atas celana panjang hitam dengan bis merah memanjang dari atas ke bawah, baju berbentuk jas tertutup dengan kancing besar terbuat dari perak berjumlah sembilan. Pakaian untuk sultan bernama manteren lamo.

Sementara Itu, Leher Jas, Ujung Tangan, Dan Saku Jas Yang Terletak Di Bagian Luar Berwarna Merah.

Manteren lamo merupakan pakaian berupa jas tertutup dengan warna merah, hiasan bordir, serta pernak pernik dengan warna emas yang berada di ujung leher, tangan serta saku di bagian luarnya. Jenis pakaian ini adalah masih seputar busana yang ada di kerajaan maluku yang bernama manteren lamo. Manteren lamo adalah pakaian adat maluku yang hanya boleh dikenakan sultan.

Pakian Adat Ini Terdiri Dari Jas Tertutup Berwarna Merah Yang Dihiasi Dengan Bordir Dan Pernik Berwarna Emas Yang Terdapat Pada Ujung Tangan, Leher, Dan Saku Jas Bagian Luar.

Kemudian, untuk atasan pakaian berupa jas tertutup dengan kancing besar terbuat dari bahan perak sebanyak sembilan. Pakaian untuk sultan bernama manteren lamo. Namun, manteren lamo menjadi pakaian adat yang cukup dikenal masyarakat maluku utara dan indonesia.

Merupakan Pakaian Para Sultan Kerajaan Dan Menjadi Salah Satu Peninggalan Dari Kerajaan Ternate Dan Tidore.

Manteren lamo ini terdiri dari jas yang berwarna merah dengan 9 kancing besar yang terbuat dari perak. Sementara itu, leher jas, ujung tangan, dan saku jas yang terletak di bagian luar berwarna merah. Pakaian ini biasa digunakan oleh sultan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.