Pakaian Manteren Lamo Berasal Dari

By | April 28, 2022

Pakaian Manteren Lamo Berasal Dari. Maluku utara (manteren lamo) sumber: Atasannya berupa jas tertutup dengan sembilan kancing besar dari bahan perak.

Nama Pakaian Daerah Maluku Adalah Baju Adat Tradisional
Nama Pakaian Daerah Maluku Adalah Baju Adat Tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

Pakaian manteren lamo (sultan) yang terdiri atas celana panjang hitam dengan bis merah memanjang dari atas ke bawah, baju berbentuk jas tertutup dengan kancing besar terbuat dari perak berjumlah sembilan. Pakaian adat maluku utara yang digunakan oleh sultan atau raja tersebut bernama manteren lamo. Manteren lamo adalah pakaian adat yang hanya boleh digunakan oleh para sultan.

Pakaian Adat Maluku Utara Ini Terdiri Dari Jas Tertutup Berwarna Merah Dengan 9 Kancing Besar Yang Terbuat Dari Perak, Dan Ujung Tangan, Leher, Serta Saku Jas Bagian Luar Dihiasi Dengan Bordir Dan Pernik Keemasan.

Mengutip dari mengenal rumah adat pakaian adat tarian adat dan senjata tradisional 2009 pakaian adat manteren lamo yang dikenakan pria terdiri atas jas tertutup dengan warna merah. Sedangkan untuk aksesoris tambahan sebagai penambah estetika baju nona rok hampir sama dengan baju cele. Sementara itu, leher jas, ujung tangan, dan saku jas yang terletak di bagian luar berwarna merah.

Ragam Pakaian Adat Di Indonesia Dan Keunikannya.

Papua bagian barat memiliki pakaian adat yang dikenal dengan ewer. Pakaian adat tradisional maluku utara yang disebut manteren lamo ini terdiri dari celana hitam panjang dengan bis merah memanjang dari atas sampai bawah. Pakaian nyonya merupakan satu simbol identiti bagimasyarakat baba.

Indonesia Merupakan Negara Yang Kaya Akan Keanekaragamannya, Baik Keanekaragaman Agama, Suku, Ras, Serta Budaya.

Manteren lamo adalah pakaian adat maluku yang hanya boleh dikenakan sultan. Konon warna tersebut melambangkan keperkasaan. Manteren lamo adalah pakaian adat yang hanya boleh digunakan oleh para sultan.

Maluku Utara (Manteren Lamo) Sumber:

Sementara itu, leher jas, ujung tangan, dan saku jas yang terletak di bagian luar berwarna merah. Warna merah pada jas melambangkan keperkasaan dan kekuasaan sang sultan. Sejarah kebaya ini berasal dari indonesia apabila nenek moyang kami yang datang dari china pernah tinggal sementara di sana.

Manteren Lamo Adalah Pakaian Adat Tradisional Maluku Utara, Terdiri Dari Celana Hitam Panjang Dan Bis Merah Memanjang Dari Atas Sampai Ke Bawah.

Pakaian adat maluku utara yang digunakan oleh sultan atau raja tersebut bernama manteren lamo. Pakaian adat manteren lamo merupakan pakaian adat khas maluku yang hanya diperuntukkan khusus bagi para sultan maluku. Pakian adat ini terdiri dari jas tertutup berwarna merah yang dihiasi dengan bordir dan pernik berwarna emas yang terdapat pada ujung tangan, leher, dan saku jas bagian luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.