Pakaian Maluku Utara

By | January 29, 2022

Pakaian Maluku Utara. Pakaian manteren lamo ini berkembang di kepulauan maluku bagian utara dan tenggara, seperti pulau ternate dan tidore. Bukan hanya maluku saja, maluku utara sebagai salah satunya propinsi di kepulauan maluku, rupanya punyai keelokan alam yang mengagumkan.

Pakaian Adat Maluku Utara » Greatnesia
Pakaian Adat Maluku Utara » Greatnesia from greatnesia.id

Pakaian adat maluku utara pakaian adat. Pakaian adat bangsawan maluku utara untuk mereka kaum bangsawan, maka mereka akan menggunakan pakaian adat berupa jubah panjang yang menjuntai sampai ke betis, celana panjang, serta ikat kepala berbentuk khusus dan juga berbagai aksesoris atau pelengkap pakaian yang lainnya, itu untuk kaum pria bangsawan. Sebelum masa penjajahan, propinsi yang beribu kota di sovivi ini merupakan wilayah empat kerajaan islam terbesar di bagian timur nusantara yang dikenal dengan sebutan kesultanan.

Pakaian Manteren Lamo Ini Berkembang Di Kepulauan Maluku Bagian Utara Dan Tenggara, Seperti Pulau Ternate Dan Tidore.

Kebudayaan yang masih kita perhatikan adalah mengenai pakaian adat maluku utara yang mencakup baju, celana, rok, topi dan aksesoris. Manteren lamo merupakan pakaian adat dari maluku utara yang khusus digunakan oleh keturunan kerajaan atau para sultan kerajaan. Manteren lamo sudah ada semenjak kesultanan ternate dan tidore masih berdiri.

Seperti Pakaian Adat, Rumah Adat, Tarian Adat, Senjata Tradisional Dan Sebagainya.

Macam macam nama tarian maluku utara: Pakaian yang di pakai oleh sultan disebut dengan manteren. Pakaian untuk sultan bernama manteren lamo.

Baju Adat Maluku Tersebut Dibuat Dengan Kombinasi Warna Cerah, Seperti Merah Muda, Biru Muda, Dan Kuning.

Ada beberapa provinsi di indonesia yang memiliki lebih dari satu set pakaian adat, salah satunya maluku utara. Rusdiyanto dalam jurnal berjudul kesultanan ternate dan tidore (2018) menjelaskan bahwa maluku utara memiliki kekayaan alam dan. Provinsi ini memisahkan diri dari provinsi maluku melalui otonomi daerah dan menjadikan kota sofifi sebagai ibukotanya.

Pakaian Adat Maluku Utara Maluku Utara Adalah Provinsi Yang Baru Terbentuk Pada 4 Oktober 1999 Lalu.

Pakaian adat maluku utara dan tenggara. Berikut ini beberapa contoh kebudayaan di maluku utara. Biasanya, setelan ini juga dipadukan dengan peci bewarna emas untuk menunjukkan identitas bangsawan mereka.

Menariknya, Sampai Saat Ini Masyarakat Di Maluku Utara Masih Sering Menggunakan Baju Adatnya.

Menariknya, pakaian ini juga merupakan salah satu peninggalan dari kerajaan ternate dan tidore. Pakaian adat maluku utara pakaian adat. Pakaian yang di pakai oleh sultan disebut dengan manteren.

Leave a Reply

Your email address will not be published.