Pakaian Lampung

By | December 15, 2021

Pakaian Lampung. Kedua pakaian adat ini hampir mirip. Dahulu memang dikenal dengan perbedaan strata sosial, sehingga berpengaruh juga pada bentuk pakaian adat yang dikenakan masyarakatnya.

Pakaian Adat Lampung Yus Pycho Satria
Pakaian Adat Lampung Yus Pycho Satria from yuspychosatria.blogspot.com

Tulang bawang, sebutan untuk pakaian adat lampung ini merupakan pakaian adat yang biasa digunakan saat acara pernikahan. Dahulu memang dikenal dengan perbedaan strata sosial, sehingga berpengaruh juga pada bentuk pakaian adat yang dikenakan masyarakatnya. Namun, memiliki perbedaan yang mencolok, pakaian adat lampung pepaduan lebih identik dengan warna putih sedangkan.

Untuk Busana Pengantin Pria Berupa Jas Yang Terbuat Dari Bahan Beludru Bermotif Floral Bunga Tabur, Salur, Atau Pucuk Rebung.

Untuk pria, pakaian yang digunakan cukup sederhana, yaitu berupa baju lengan panjang, celana panjang hitam, sarung tumpal, sesapuran, dan khikat akhir. Kota yang memiliki julukan kota pisang ini memiliki kekayaan budaya yang sangat mempesona. Pakaian adat lampung suku saibatin.

Pakaiannya Meliputi Sesapuran Atau Sarung Rumpai Yang Bahannya Dibuat Dari Kain Tenun Tapis.

Bangganya bupati lebak saat baju adat baduy dipakai jokowi. Pakaian adat lampung sendiri dibagi dua adat yakni, adat lampung saibatin dan pakaian adat lampung pepadun. Tulang bawang, sebutan untuk pakaian adat lampung ini merupakan pakaian adat yang biasa digunakan saat acara pernikahan.

Etnis Ini Memiliki Tradisi Sistem Kekerabatan Patrilineal.

Pakaian adat lampung terdiri dari busana pepadun dan saibatin yang menjadi kebanggaan masyarakatnya. Ketiga julukan tersebut yaitu kota bandar lampung dengan sebutan kota tapis berseri dan kota pisang, kota metro sebagai kota wawai dan kota pendidikan. Suku saibatin yaitu kelompok masyarakat yang tinggal di pesisir lampung timur, bandar lampung, lampung selatan, pesawaran, tanggamus, dan lampung barat.

Umumnya, Masyarakat Lampung Pepadun Tinggal Di Daerah Daratan Sedangkan.

Hal tersebut tergantung dari asal usul pemakainya. Pakaian adat lampung itu dipakai ganjar selama seharian melaksanakan kegiatannya sebagai gubernur. Sementara untuk pakaian perempuan tidak jauh berbeda, hanya saja ditambah.

Umkm Lampung, Agen Resmi Singer Di.

Baju adat tulang bawang masih digunakan hingga saat ini baik untuk pesta pernikahan maupun sebagai busana tari untuk simbol penghormatan budaya asli. Pakaian adat tradisional lampung bila dicermati terdapat perbedaan antara lampung pesisir dengan lampung daratan tetapi pada dasar masih sama yaitu menggunakan kain tapis di hias dengan logam kuningan yang memper indah dan mebuat mewah, sedangkan kain tapis adalah suatu kain yang ditenun secara manual dengan menggunakan tinta mas yang di ukir. Penggunaan pakaian adat lampung biasa sebagai simbol untuk menunjukkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.