Pakaian Koteka

By | April 25, 2022

Pakaian Koteka. Secara harfiah, kata ini bermakna pakaian, berasal dari bahasa salah satu suku di paniai. Suku suku di papua sendiri juga memiliki beberapa bentuk koteka yang berbeda beda.

Berbagai Keunikan Baju Adat Khas Papua Berita Papua
Berbagai Keunikan Baju Adat Khas Papua Berita Papua from beritapapua.id

Koteka adalah pakaian untuk menutup kemaluan pria dalam kebudayaan asli papua. Enam aktivis papua yang menjadi terdakwa kasus makar menjalani persidangan di pengadilan negeri jakarta pusat, senin (20/1/2020). Indonesia memang begitu kaya akan keindahan alam serta budaya dari sabang sampai merauke.

Isi Buahnya Dibuang Lalu Kulitnya Dibakar Sampai Kering, Sehingga Berwarna Cokelat Kehitaman.

Koteka itu sendiri adalah pakaian yang digunakan oleh sebagian penduduk asli pulau papua untuk menutupi kemaluannya. Meskipun mereka yang kini tinggal di perkotaan sudah tidak lagi memakai pakaian ini namun beberapa suku pedalaman masih. Di mana berfungsi untuk menutup alat kelamin.

Namun Sayang, Kini Diyakini Koteka Terancam.

Pohon koteka, dari sinilah asal pakaian tradisional masyarakat papua. Koteka terbuat dari kulit labu air, lagenaria siceraria. Koteka atau holim sebutan orang jayawijaya dan koteka menurut bahasa orang paniai adalah pakaian.

Enam Aktivis Papua Yang Menjadi Terdakwa Kasus Makar Menjalani Persidangan Di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (20/1/2020).

Namun ternyata di daerah asalnya sendiri, koteka juga memilih sebutan kedaerahan yang lain seperti harim, holim, hilon, dan bobbe. “koteka” artinya pakaian, dan nama ini dipakai dari suatu suku di paniai. Pada bagian ujung diberi hiasan bulu burung atau bulu ayam hutan.

Namun, Sebenarnya Ada Ragam Jenis Pakaian Adat Lainnya, Lho.

Mulai dari nilai kebersamaan, nilai kepemimpinan, kebanggaan, kebesaran, hingga penutup aurat, dan sebagainya. Wilayah yang begitu kaya akan unsur kebudayaannya yang masih lestari salah satunya ialah papua. Koteka berasal dari bahasa salah satu suku di kabupaten pantai, papua yang memiliki arti pakaian.

Dua Di Antaranya Tetap Menggunakan Koteka Meski Sempat Ditegur Hakim Majelis Hakim Pekan Lalu.

Suku suku di papua sendiri juga memiliki beberapa bentuk koteka yang berbeda beda. Koteka atau holim adalah pakaian khas laki laki, pakaian tradisional laki laki pegunungan tengah yaitu jayawijaya, puncak jaya, yalimo, dogiyai, deyai, nabire, intan. Pakaian adat yang dikenal dengan sebutan koteka ini memiliki sebutan kedaerahan lain yaitu hilon, harim, atau bobbe.

Leave a Reply

Your email address will not be published.