Pakaian Kalimantan Barat

By | December 20, 2021

Pakaian Kalimantan Barat. Seperti di daerah kalimantan barat. Provinsi yang memiliki wilayah pemerintahan berbatasan langsung dengan sarawak malaysia.

Nama Pakaian Adat Kalimantan Barat dan Kunikannya
Nama Pakaian Adat Kalimantan Barat dan Kunikannya from sintesakonveksi.com

Berikut 5 pakaian adat dari kalimantan barat yang wajib diketahui. Baju kurung adalah pakaian adat melayu untuk perempuan. Inilah sebab mayoritas penduduknya adalah suku dayak dan suku melayu.

Pakaian Tradisional Ini Terbuat Dari Kain Dan Warnanya Polos, Yakni Hitam, Merah Ataupun Biru.

Pakaian adat kalimantan barat memiliki beberapa macam variasi. Seperti halnya daerah lain yang ada di seluruh indonesia, kebanyakan propinsi kalbar tidak hanya di duduki satu suku saja, namun ada beberapa suku yang beragam adat istiadatnya. Berikut 5 pakaian adat dari kalimantan barat yang wajib diketahui.

Di Kalimantan Barat, Baju Kurung Berbahan Beludru Untuk Perempuan Ini Disebut Sebagai Buang Kuureng.

Baju kurung adalah pakaian adat melayu untuk perempuan. Warna kuning melambangkan keagungan dan kejayaan. Pakaian adat trasional kalimantan barat berbahan kulit kayu yang diproses menjadi kain.

Provinsi Yang Memiliki Wilayah Pemerintahan Berbatasan Langsung Dengan Sarawak Malaysia.

Sisi unik pakaian adat kalimantan barat. Perbedaannya hanya terletak pada model pakaiannya, yang lebih tertutup di bagian dada, serta tambahan penggunaan stagen (semacam korset), kain bawahan, manik. Untuk bahan utama yang digunakan sebagai bahan pakaian adat tradisional kalimantan barat adalah kulit kayu kapuo atau ampuro.

Pakaian Adat Kalimantan Barat Yang Selanjutnya Yaitu Indulu Manik.

Makna warna dan hiasan pada pakaian adat suku dayak. Pakaian adat kalimantan barat yang digunakan untuk wanita disebut king bibinge. Salah satunya pakaian adat yang serba panjang dan juga tertutup.

Pakaian Adat Lainnya Dari Kalimantan Barat Ini Merupakan Baju Pasangan Yang Berasal Dari Suku Dayak.

Kalimantan barat sendiri ditinggali dua suku besar yakni suku melayu dan suku dayak. Luas wilayahnya yang mencapai 146.807 kmĀ² (7,53% luas daratan indonesia) membuat ia menjadi provinsi terluas di urutan ke 4, setelah irian jaya, kalimantan timur, dan kalimantan tengah. Pakaian adat kalimantan barat, terlebih bulang manik dan king manik memadukan aneka warna yang ternyata memiliki makna tertentu, antara lain:

Leave a Reply

Your email address will not be published.