Pakaian Dodot

By | May 13, 2022

Pakaian Dodot. Pakaian adat sumatera selatan bisa dikatakan sebagai simbol peradaban budaya masyarakat sumatra selatan. Terdapat 2 arti kata 'dodot' di kbbi.

Pakaian Pengantin Adat Jawa Basahan Radea
Pakaian Pengantin Adat Jawa Basahan Radea from www.radea.co

Untuk resepsi malam hari, kahiyang dan bobby mengenakan pakaian adat solo basahan keprabon. Keberadaan dari pakaian adat ini juga tidak terlalu penting namun juga dibutuhkan. Pakaian ini bersulam benang emas atau perak, kemudian dipadukan dengan bawahan berupa celana panjang atau biasa disebut sarowa dondo yang juga dihiasi sulaman benang emas.

Baju Dodot Mojang Jajaka Khas Sunda.

Ukiran keemasan khas baju pengantin jawa. Pakaian adat ini memiliki makna dan filosofi yang dalam, di mana dalam busana ini mengandung simbol berserah diri kepada tuhan yang maha esa. Tata busana mojang sunda sudah terkenal sampai ke mancanegara.

Dodot Sendiri Identik Dengan Pernikahan Budaya Jawa Adat Solo Yang Punya Makna Filosofis Sebagai Kesejahteraan Dan Keharmonisan.

Busana ini biasa disebut juga sebagai dodot yang kerap digunakan di daerah solo dan jawa tengah secara umum. Keberadaan dari pakaian adat ini juga tidak terlalu penting namun juga dibutuhkan. Pakaian adat pria (pakaian pegon) cappuq atau sapuk, merupakan mahkota yang ditaruh di atas kepala.

Aksesoris Seperti Mahkota, Bungo Cempako, Kelapo Standan, Kembang Goyang, Baju Dodot Serta Songket Bermotif Napan Perak Adalah Beberapa Pernik Yang Terdapat Dalam Aesan Gede.

Terdapat 2 arti kata 'dodot' di kbbi. Pakaian pengantin pria juga memakai kain dodot cirebon pada bagian pinggangnya, tapi tidak begitu panjang. Pakaian ini bersulam benang emas atau perak, kemudian dipadukan dengan bawahan berupa celana panjang atau biasa disebut sarowa dondo yang juga dihiasi sulaman benang emas.

Adapun Baju Takwo Bini Berbahan Brokat Kebaya Kerah Tinggi Dengan Kancing Emas Di Sisi Kanan Dan Kiri Pakaian.

Gemerlap dan mewahnya pakaian adat palembang dalam gaya aesan gede semakin bertambah dengan dikenakannya beberapa aksesoris. Bahan pakaian terbuat dari kain beludru warna hitam serta kain dodot sebagai bawahannya. Dodot adalah pakaian adat jawa dari kain batik panjang dan dipakai pada upacara resmi seperti pernikahan.

Pakaian Adat Jawa Tengah Selanjutnya Adalah Kanigaran.

Pemakaian dodot tidak cukup hanya dililitkan di pinggang, namun juga disampirkan di tangan. Hal ini bisa dilihat dari pilihan warna dan corak yang menghiasi pakaian adat tersebut. Tradisi solo basahan diketahui berasal dari lingkungan keraton.

Leave a Reply

Your email address will not be published.