Pakaian Care Haji

By | March 17, 2022

Pakaian Care Haji. Sedangkan, untuk pengantin wanita disebut dengan “rias besar dandanan care none pengantin cine”, yang terdiri dari blus model cina dan dipadukan dengan rok panjang model duyung. Jubah atau jube merupakan busana luar yang agak longgar dan besar.

Pakaian Adat Betawi Serta Penjelasannya Tambah Pinter
Pakaian Adat Betawi Serta Penjelasannya Tambah Pinter from tambahpinter.com

Bagi pengantin pria, pakaian tradisional suku betawi dinamakan dandanan care haji. Pakaian ini berupa jubah besar berwarna cerah (biasanya merah) dengan pernik benang keemasan, celana panjang putih, selendang yang dikenakan di dalam jas (bagian dada), serta topi khusus yang terbuat dari sorban sebagai penutup kepala. Pakaian ini berupa jubah besar berwarna cerah (biasanya merah) dengan pernik benang keemasan, celana panjang putih, selendang yang dikenakan di dalam jas (bagian dada), serta topi khusus yang terbuat dari sorban sebagai penutup kepala.

Baju Tersebut Dilengkapi Dengan Celana Panjang Putih, Selendang, Dan Topi Seperti Sorban Sebagai Penutup Kepala.

Untuk para pengantin pria, pakaian adat betawi yang digunakan bernama dandanan care haji. Ialah busana luar yang agak longgar serta besar. Biasanya, ada beberapa busana yang digunakan pengantin pria, berikut ulasannya:

Dandanan Care Haji Dan Dandanan Care None Pengantin Cine Adalah Tata Cara Baju Adat Yang Berasal Dari Dki Jakarta.

Hanya saja, yang paling dikenal adalah baju pengantin yang bernama dandanan care haji dan dandanan care none penganten chine. Baju dandanan care haji merupakan pakaian jubah panjang yang dilengkapi dengan penutup kepala berwarna merah. Nah, dandanan care haji merupakan nama pakaian adat betawi pria untuk acara pernikahan.

Gambar Di Samping Adalah Sepasang Pengantin Yang Tengah Mengenakan Pakaian Adat Tersebut.

Jubah terbuat dari bahan beludru sedangkan tutup kepala terbuat dari sorban yang disebut juga alpie. Baju ini diperuntukkan bagi pengantin pria. Untuk para pengantin pria, pakaian adat betawi yang digunakan bernama dandanan care haji.

Pakaian Adat Betawi Yang Dikenakan Para Pengantin Merupakan Pakaian Yang Merupakan Hasil Perpaduan Antara Budaya Tionghoa, Arab Dan Barat.

Pada upacara pernikahan pengantin pria memakai jubah panjang dan juga penutup kepala warna merah. Beberapa bagian dari baju adat pengantin betawi yaitu: Pakaian pengantin pria betawi ini sering disebut dengan “dandanan care haji”.

Rias Gede Dandanan Care Haji Meliputi :

Pakaian pengantin ini merupakan hasil akulturasi beberapa kebudayaan, yaitu budaya tionghoa, arab, dan melayu. Dandanan care haji (bergaya pakaian haji) merupakan sebutan untuk pakaian adat betawi yang biasa digunakan pengantin pria saat pesta pernikahan. Untuk pria biasanya menggunakan jas hitam dan kain batik sebagai bawahan yang dililitkan ke bagian pinggang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.