Pakaian Bundo Kanduang

By | November 26, 2021

Pakaian Bundo Kanduang. Karena bahasa pidato adat itu sendiri merupakan bahasa minang lama, sangat susah untuk bisa memahami deskripsi tersebut dengan baik. Nah, ini dia beberapa keunikan dari pakaian bundo kanduang.

Pakaian Adat Minangkabau Serta Gambar dan Maknanya
Pakaian Adat Minangkabau Serta Gambar dan Maknanya from perpustakaan.id

Pakaian ini merupakan lambang kebesaran bagi perempuan yang sudah menikah. Ketua bundo kanduang sumatera barat, puti reno raudha thaib, mengungkapkan nama pakaian adat yang dikenakan puan adalah tangkuluak balenggek. Pakaian adat bundo kanduang dideskripsikan dalam pidato adat yang cukup panjang.

Pakaian Adat Padang Yang Didesain Khusus Untuk Wanita Disebut Dengan Pakaian Bundo Kanduang Atau Limpapeh Rumah Nan Gadang.

Pakaian ini juga menjadi simbol betapa pentingnya peran seorang ibu dalam keluarga. Bundo kanduang dalam masyarakat minangkabau mempunyai tempat yang mulia, dikenali “pepatah adat” sebagai bundo kaduang, limpapeh rumah nan gadang, pusek jalo kumpulan tali, sumarak di dalam kampuang, hiasan dalam nagari. Pakaian bundo kanduang atau biaso disabuik jo pakaian limpapeh rumah nan gadang marupakan baju gadang bagi kaum padusi di minangkabau nan alah barumah tango dn marupoka symbol dari pantiang nyo paranan ibu di rumah tanggonyo.

Ulos Dari Provinsi Sumatera Utara.

Pakaian khas sumatra barat di bagi menjadi dua yaitu : Aksesoris dakuah ini memiliki beberapa motif yaitu kalung perada, daraham, kaban, manik pualam, cekik leher, dan dukuh panyiaram. Pakaian bundo kanduang atau disebut juga dengan limpapeh rumah nan gadang merupakan pakaian adat sumatera barat yang digunakan oleh wanita.

Pakaian Ini Melambangkan Dialah Pemilik Rumah Gadang.

Baju adat ini memiliki arti yaitu simbol kebesaran untuk para istri. Lambak adalah perlengkapan pakaian bundo kanduang bagian bawah yang terbuat dari songket maupun berikat. Karena bahasa pidato adat itu sendiri merupakan bahasa minang lama, sangat susah untuk bisa memahami deskripsi tersebut dengan baik.

Istilah ‘Limpapeh’ Memiliki Arti Tiang Tengah Pada Bangunan Rumah Adat Di Sumatera Barat.

Bundo kanduang merupakan pakaian adat dari provinsi sumatera barat. Bundo kanduang adalah salah satu pakaian khas dari sumatra barat pakaian ini sangat ini menyerupai pakaian adat aceh namun yang berbeda hanya di mahkotanya saja. Baju adat minangkabau untuk wanita tersebut dinamakan dengan pakaian bundo kanduang atau pakaian limpapeh rumah nan gadang.

Perlengkapan Yang Dimaksud Adalah Tingkuluak (Tengkuluk), Baju Batabue, Minsie, Lambak.

Pakaian adat dari minangkabau yang pertama dikhususkan untuk wanita. Bundo kanduang memiliki nama lain yaitu limpapeh rumah nan gadang. Bundo kanduang atau dapat diterjemahkan secara kasar ke dalam bahasa indonesia sebagai bunda kandung, adalah personifikasi etnis minangkabau sekaligus julukan yang diberikan kepada perempuan sulung atau yang dituakan dalam suatu suku.sebutan bundo kanduang hanya melakat pada seorang perempuan yang sudah berkeluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.