Pakaian Bundo Kanduang Berasal Dari

By | April 8, 2022

Pakaian Bundo Kanduang Berasal Dari. Pakaian limpapeh rumah nan gadang atau bundo kanduang. Sumatera barat (bundo kanduang) pakaian adat ini berasal dari sumatera barat.

34 Pakaian Adat Tradisional Indonesia dan Penjelasannya
34 Pakaian Adat Tradisional Indonesia dan Penjelasannya from haloedukasi.com

Dengan banyaknya busana adat dari etnis minangkabau, ada busana adat yang lumayan banyak digunakan di kota padang, yaitu: Bahannya berasal dari kain balapak tenunan pandai sikat padang panjang. Pakaian tersebut merupakan simbol dari pentingnya peran seorang ibu dalam sebuah keluarga.

Bentuknya Seperti Tanduk Kerbau Dengan Kedua Ujung Runcing Berumbai Dari Emas Atau Loyang Sepuhan.

Pakaian ini dilengkapi dengan hiasan serta penutup kepala agar pengantin memiliki aura yang megah, elegan, dan mewah. Bundo kanduang mengenakan tengkuluk tanduk atau tengkuluk ikek sebagai penutup kepala. Pakaian bundo kanduang adalah pakaian adat minangkabau yang umumnya dikenakan oleh perempuan yang telah menikah.

Seorang Bundo Kandung Mengenakan Tengkuluk Tanduk Atautengkuluk Ikek Sebagai Penutup Kepala.

Pakaian ini merupakan lambang kebesaran bagi para wanita yang telah menikah. Pakaian adat tersebut diadaptasi dari berbagai kebudayaan mulai dari melayu, tiongkok, dan arab. Orang minang memberikan penghargaan yang tinggi kepada wanita.

Pakaian Tersebut Merupakan Simbol Dari Pentingnya Peran Seorang Ibu Dalam Sebuah Keluarga.

Pakaian ini dilengkapi dengan hiasan serta penutup kepala agar pengantin memiliki aura yang megah, elegan, dan mewah. Pakaian bundo kanduang adalah pakaian adat minangkabau yang umumnya dikenakan oleh perempuan yang telah menikah. Pakaian bundo kanduang atau limpapeh rumah nan gadang memiliki desain yang berbeda dari setiap sub suku dan hampir sama mirip dengan baju adat minangkabau anak.

Indonesia Sangat Kaya Akan Beragam Budayanya.

Bundo kanduang terdiri dari celana panjang dan atasan berupa teluk belanga, serta penutup kepala atau peci untuk pria. Secara harfiah, bundo kanduang berarti ibu sejati atau ibu kandung. Pakaian adat ini biasanya digunakan oleh wanita yang sudah menikah dan merupakan simbol akan peran penting seorang ibu di dalam keluarga.

Seorang Wanita Memakai Busana Adat Bundo Kanduang.

Istilah ‘limpapeh’ memiliki arti tiang tengah. Pakaian adat padang yang didesain khusus untuk wanita disebut dengan pakaian bundo kanduang atau limpapeh rumah nan gadang. Baju adat ini memiliki arti yaitu simbol kebesaran untuk para istri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.